Menambah Sinyal Modem

Posted byAdmin on Saturday, November 10, 2012


Sebelum membaca artikel mohon berikan donasi untuk kemajuan blog KLIK SEKALI SAJA
            Seringkali ketika kita membeli modem baru permasalahan yang muncul adalah masalah jaringan yang tidak teratur. Atau juga tidak sama di masing-masing tempat. Misalnya ditempat A tersedia jaringan 3G tapi ditempat B hanya tersedia jaringan GPRS tentu saja ini merugikan kita. karna kita sudah membeli paket internet dengan kuota yang banyak. Tapi semua itu sama saja bohong kalau jaringannya Cuma GPRS. Kenapa saya bilang begitu, karna jaringan GPRS sangat lambat dibandingkan jaringan 3G.

            Ini adalah pengalaman saya sendiri ketika membeli modem. Waktu itu saya membeli ke toko komputer. Dan saya memilih modem “HUWEI” (*mohon maaf kalau salah) pada saat itu dapat gratis Kartu FLASH Telkomsel. Dan mungkin HUWEI bekerjasama dengan Telkomsel karna di modem tersebut ada tulisan FLASH nya. Pada saat membeli langsung saya coba di notebook kesayangan saya ini. Dan hasilnya WOW ?? sinyal 3G nya FULL, betapa senangnya saya saat itu. Saya sangat kagum, karna saya tinggal di daerah desa yaitu di daerah kabupaten Balangan Kal-Sel akan tetapi Telkomsel tetap menyediakan Jaringan 3G berbeda dengan operator lain yang tidak mempunyai jaringan 3G hanya GPRS yang ada.
            Setelah pulang langsung saya coba dan hasilnya, betapa terkejutnya saya melihat kok jaringannya TIDAK  FULL lagi meskipun masih dijaringan 3G. Dari situ saya mencari informasi di internet dan akhirnya dapat juga mengatasi masalah jaringan tersebut yaitu dengan cara menghubungkan  kabel USB yang panjang 5 meter atau 10 meter ke modem dan langsung dihubungkan ke notebook. Seperti gambar berikut
            Setelah dihubungkan, terlihat pada gambar bahwa modem saya gantung di tempat yang tinggi, atau dimana ada sinyal. Jadi sobat silahkan cari dulu tempat yang kira-kira banya sinyal. Setelah sudah ketemu tempatnya silahkan taruh modem sobat disana. Perlu diketahui ketinggian tempat terkadang  tidak terlalu mempengaruhi sinyal. Saya pernah menaruh modem di tempat yang tinggi sekali ternyata sinyalnya Cuma sedikit. Setelah itu saya taruh lagi di tempat ketinggian yang sedang dan ternyata hasilnya mantaappp
Coba lihat screenshootnya :
            Sinyalnya jadi kencang lagi sobat, dan ada sedikit tambahan lagi bahwa panjangnya kabel USB juga mempengaruhi sinyal. Semakin panjang kabel maka Kinerja modem tidak akan maksimal. Dan ada keuntungan juga memakai cara ini, yaitu Notebook tidak akan panas karna MODEM. Biasanya kan jika kita langsung menghubungkan ke Notebook maka Modem akan panas setelah lama dipakai dan Notebook juga ikut panas. Tapi jika menggunakan kabel USB, tidak peduli modem panas notebook anda akan terus normal tanpa pengaruh panas MODEM. Cara ini sangat saya anjurkan kepada pengguna internet yang ada di daerah pedesaan yang minim jaringan mungkin dengan cara ini bisa mengatasi masalah tersebut. Khususnya di daerah Balangan Kal-Sel.
            Okey sobat sekian dulu tips saya kali ini. Semoga saja bermanfaat dan jangan lupan tunggu terus artikel saya berikutnya hanya di KlikBanjar Blognya Anak Banjar.
Note :
1.  Jika Ingin memberikan donasi blog KLIK DISINI
2.  Jika ingin tukar link KLIK DISINI
3.  Jika ada pertanyaan seputar artikel yang saya tulis, tanyakan di kolom komentar dan jangan malu-malu sobat.

{ 0 comments... read them below or add one }