Hantu Kuyang Dari Tanah Kalimantan

Posted byNafarin Muhammad on Saturday, November 10, 2012


Sebelum membaca artikel mohon berikan donasi untuk kemajuan blog KLIK SEKALI SAJA

              Segar juga habis mandi nih, malam minggu nulis artikel tentang mistis kaya nya boleh juga. Sengaja saya tidak memilih malam jum’at untuk menulis artikel yang satu ini, karna saya juga sedikit takut. Dan kali ini saya akan menulis cerita pengalaman saya tentang hantu kuyang dari tanah kalimantan. Bagaimana sobat apakah kalian tertarik untuk membacanya ??. Kalau tertarik lebih baik mandi dulu sebelum membaca .. ya kalau sudah mandi dilanjutin aja bacanya.
            Apakah kalian sudah tau tentang hantu kuyang ? hantu kuyang adalah hantu yang sepengetahuan saya berasal dari kalimantan, mungkin ada kuyang dari pulau lain tapi sebutan mereka beda-beda dalam masyarakat
. Sebenarnya yang namanya kuyang itu bukan hantu, tapi kuyang adalah sebuah ilmu yang dimiliki oleh seseorang sehingga dia berubah wujud menjadi kuyang. Wujud kuyang hanyalah sepenggal kepala yang terbang melayang diudara dengan organ tubuh seperti usus yang masih tersambung dikepalanya yang bergelimangan darah segar.
            Ilmu kuyang digunakan orang agar mereka awet muda dan disayang oleh suami. Mereka yang memiliki ilmu tersebut mempunyai sebuah minyak yaitu minyak kuyang. Apabila minyak tersebut dioleskan ke lehernya maka kepala orang tersebut akan terbang melepaskan/memisahkan dari badannya. Dia akan terbang berkeliling mencari mangsa nya berupa darah segar, atau bayi yang akan dilahirkan. Sementara dia terbang mencari mangsa dia meninggalkan badannya di belakang pintu rumahnya. Konon katanya jika kita menemukan badan kuyang dengan keadaan tidak berkepala dan jika kita taruh beling atau pepaci kata orang banjar maka kuyang tersebut tidak akan bisa kembali/menyatu lagi dengan kepalanya ketika badan kuyang itu kita masukkan belling dan dia tidak bisa menyatu lagi maka kuyang tersebut akan terus berkeliaran di langit dan dia akan tinggal di hutan dan biasa disebut kuyang hutan dia akan memangsa darah binatang. Dan jika kita menemui kuyang terbang diatas kita, segera lah ambil centong nasi ata Wancuh kata orang banjar dan arahkan ke hantu kuyang tersebut. Maka hantu kuyang akan jatuh dihadapan kita. ayoo siapa yang berani mencoba ?
            Saya memang belum pernah bertemu dengan hantu kuyang meskipun saya orang banjar asli. Tapi punya pengalaman ketika ngumpul di depan rumah dengan teman-teman saya di banjarmasin. Sekitar jam 9 malam kami duduk-duduk didepan rumah saya sambil nyanyi-nyayi dan main gitar. Waktu itu kalau tidak salah ada 5 orang disana termasuk saya. Setelah lama bernyanyi, 2 orang diantara kami pamit karna ada keperluan. Lau sekarang tinggal kami bertiga di depan rumah saya. Kami tetap berbincang-bincang seperti biasa waktu itu sekitar jam 11 malam. Tiba-tiba teman saya terkejut dengan menengok ke atas langit. Dia melihat sesosok misterius berwarna merah kalu tidak salah melintas dengan cepat. Ketika teman saya memberitahu kepada kami berdua sosok tersebut langsung menghilang (  jujur saya merinding menulis artikel ini ). Kami pun bersikap tenang, lalu teman saya berkata , andaikan saya tidak menunjuk sosok tadi maka dia tidak akan menghilang. Teman saya ini memang lebih tua daripada saya, dan ia memang banyak tau tentang hal-hal gaib seperti ini.
            Setelah terjadi hal itu teman saya itu jadi bercerita tentang kuyang. Dia bercerita bahwa dulu di suatu tempat dikota banjarmasin. Pernah ada orang menemukan hantu kuyang . dan anehnya hantu kuyang ini ditemukan di sebuah rumah kosong di siang hari. Ternyata rumah itu bukan rumah hantu tersebut, melainkan hantu tersebut kesiangan karna ada sesuatu yang mungkin memikat nafsu kuyang tersebut hingga dia lupa pulang dan akhirnya kesiangan. Memang sih sedikit lucu, tapi percaya atau tidak masyarakat pada waktu itu gempar karna kejadian tersebut. Untung saja warga berbaik hati, jadi kuyang tersebut di taruh didalam karung dan diantar oleh warga kerumahnya kata teman saya bercerita dengan serius. Lalu saya bertanya , kenapa diantar begitu saja ? bukankah orang akan tau bahwa disana adalah rumah kuyang ? lalu teman saya menjawab, kuyang tersebut akan berpindah- pindah tempat dan akan membangun rumah yang baru jika rumah nya diketahui oleh orang.
            Kuyang adalah hantu yang ditakuti oleh orang yang sedang hamil. Konon katanya jika siang hari kuyang berwujud seperti manusia biasa. Dia akan mencari mangsa orang yang sedang hamil. Dan dia akan pura-pura kenal dengan kita lau dia akan berusah memegang perut ibu yang sedang hamil tersebut. Jika dia berhasil maka bayi yang ada didalam kandungan tersebut kemungkinan akan hilang. Jadi berhati-hati lah jika tinggal dikalimantan. Saya sarankan kepada pegawai yang tugas di Kalimantan jika istri anda sedang hamil jangan sampai ditinggalkan sendirian dirumah apalagi malam hari. Karna sangat membahayakan keselamatan bayi anda dan istri anda. Untuk menghindari kuyang pada siang hari ciri-cirinya adalah, ada goresan di sekeliling leher orang tersebut bekas dia melepaskan kepala dengan badannya. Dan biasanya dia menutupi goresan tersebut dengan selendang. Untuk mengindari kuyang pada malam hari, gunakanlah kelambu setiap kali tidur karna kuyang tidak akan bisa memasuki kelambu yang kita pakai. Jadi kelambu tidak hanya berguna untuk menghindari nyamuk saja tapi makhluk halus pun bisa kita hindari dengan memasang kelambu ketika tidur.
            Kuyang tidak hanya memangsa ibu hamil , tapi kuyang juga bisa menhisap darah manusia laki-laki/perempuan. Biasanya ditandai dengan tanda biru dibagian tubuh yang bekas digigitnya. Teman saya bercerita kuyang paling banyak ditemukan di daerah Kapuas Kalimantan. Tepatnya saya kurang tau, tapi kata dia kuyang akan lalu lalang di atas langit kapuas tersebut bila malam hari. Langit menjadi lalu lintas kuyang , gimana ya ?? seremm ?? ketika asik-asiknya ngomong kuyang saya tidak ingat waktu lagi, ketika melihat jam ternyata jam sudah menunjukkan pukul 12 malam. Dan yang paling parah ?? kami bertiga baru ingata bahwa malam itu adalah malam jum’at. Denga menggunakan jurus lankah seribu kami bertiga langsung pulang kerumah masing-masing. Untung rumah saya dekat saja, ketika teman saya sudah pulang semua. Saya baru ingat lagi bahwa motor saya diluar belum dibawa masuk kedalam garasi ? aduhhh ? betapa bego nya saya ! huhh dengan ambil napas panjang saya berpikir daripada motor saya hilang lebih baik saya beranikan diri mengambil motor saya didepan dan memsukkan nya ke dalam garasi.
            Setelah sudah selesai saya langsung masu kedalam kamar dan memngunci pintu. Tiba-tiba saya ingat pesan orang tua bahwa gantung lah kelambu sebelum tidur untuk menhindari makhluk halus. Langsung saya gantung kelambu dan masuk kedalammnya dan saya langsung membaca do’a agar tidak diganngu hal-hal yang tidak di inginkan dan tidak lama kemudian saya pun tertidur. 
Note :
1.  Jika Ingin memberikan donasi blog KLIK DISINI
2.  Jika ingin tukar link KLIK DISINI
3.  Jika ada pertanyaan seputar artikel yang saya tulis, tanyakan di kolom kumentar dan jangan malu-malu sobat.

{ 6 comments... read them below or add one }

Hayati Harun said...

kalau kat sini kita panggil hantu ni hantu penanggal

Muhammad Husin Nafarin said...

@Hayati Harun
emang kamu tinggal di daerah mana ??

Anonymous said...

.kuyang itu bukannya manusia yang make ilmu hitam. .bner pa gk sh
saya kurang tau

Muhammad Husin Nafarin said...

iya bener gan, tapi dia jadi awet muda kalo makan darah ..

Muhammad Aqil Fatih said...

kok nyebutnya pepaci yg bener papaci kalo kuyang itu belum dapat mangsa warnanya biru kalo dah merah kalo kata org banjar sih gitu 8 kali ngeliat kuyang soalnya org banjar sih

Muhammad Husin Nafarin said...

kalo aku dasar pepaci nyambatnya ..

Org banjar jua kah km ??