Bahaya Makanan Jajan Sembarangan

Posted byNafarin Muhammad on Friday, March 15, 2013

Bahaya Makanan Jajan Sembarangan

            Kita sering menjumpai jajanan yang ada di pinggir jalan , di sekolah, di dekat kampus atau di pasar malam. Bahkan mungkin juga anda sering membeli jajanan tanpa memikirkan Bahaya Makanan tersebut ? tidak bisa dipungkiri, selain murah jajanan tersebut tidak kalah dengan jajanan yang sehat yang harganya tidak bersahabat dengan kantong kita. Tapi tahukah anda didalam murahnya harga tersebut, makanan yang sering kita makan itu banyak menyimpan sejuta keburukan untuk tubuh kita. Yup ! sekarang kita akan membahas Bahaya Makanan Jajan Sembarangan satu persatu.
      1.      Zat Warna Tekstil
Coba anda lihat makanan yang penuh dengan warna. Seperti jajanan es cendol berwarna hijau. Atau agar-agar pada es campur, terlebih lagi anak-anak sangat menyukai yang namanya warna mencolok. Hal ini di manfaatkan pedagang untuk membuat makanan yang meriah penuh warna. Yang menarik perhatian anak-anak, sehingga banyak anak yang membelinya. Sebenarnya hal ini sah-sah saja, akan tetapi ketika pedagang ingin menambah pewarna makanan ke dalam dagangannya. Ada sebagian pedagang yang jujur , ada juga sebagian pedagang yang ingin untung besar dengan memberi zat pewarna tekstil pada makanan tersebut. Yang jelas-jelas bahan zat warna tekstil sangat dilarang keras digunakan untuk makanan. Karena akan berakibat buruk pada tubuh manusia. Dan ini adalah salah satu dari Bahaya Makanan yang sering terdapat pada Jajanan Sembarangan.
      2.      Bahaya Cacing
Cacing yang saya maksud bukan cacing yang sering kita lihat ditanah. Tapi cacing yang tidak bisa kita lihat dengan menggunakan mata telanjang. Menularnya caicng ini bisa dengan berbagai macam kemungkinan. Contoh hal kecil saja, misalkan ada seorang anak yang ingin jajan. Anak tersebut setelah BAB tidak cuci tangan. Dan dia langsung memberikan uang dengan tangan yang belum di cuci itu. Lalu pedagang yang tidak tau langsung mengambil uang tersebut. Dan menyajikan dagangan kepada anak itu dengan tangan bekas mengambil duit dari anak tadi. Gak kebayang kan ribuan cacing dan bakteri masuk kedalam makanan tersebut. Sebenarnya ini bukan salah pedagang, tapi ketika kita lihat secara biasa! Ya itu salah pedagang ujung2 nya.
                 3.      Bahan-Bahan Berbahaya
Sudah saat nya kita memperhatikan apa yang disajikan oleh pedagang kepada kita. Kita bisa menelusuri apa saja bahan yang digunakan dan dari mana pedagang tersebut mendapatkannya, sehatkah bahan yang digunakan pedagang tersebut ? tapi sudah pasti kita tidak bisa melakukan hal tersebut. Satu-satu nya hal yang paling aman adalah jajan di tempat yang sudah terjamin. Seperti di kafe2 yang harganya mungkin tak bersahabat. Hhihi :D
Meskipun begitu, saya akan memberitahu kalian beberapa bahan yang di anggap berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
A.  Pemanis Buatan
Sering juga kita menemukan makanan yang manis tapi murah. Atau juga minuman yang manis tapi murah. Dijaman gula yang harganya mahal ini, mana mungkin ada makanan manis yang murah. Jadi waspada lah terhadap makanan seperti ini. Apalagi anak-anak anda suka yang manis-manis. Terkadang anak-anak langsung terkena batuk ketika mengkonsumsi makanan dengan pemanis buatan. Pemanis buatan juga berbeda dengan gula asli. Pemanis buatan terasa sedikit pahit ketika terakhir di mulut. Akan tetapi pedagang kini mengakalinya dengan mencampur gula dan pemanis buatan.

B.  Penyedap
Bahan yang satu ini, sering kita temui di tempat jajanan makanan. Seperti bakso, mie ayam. Tidak canggung lagi biasanya penyedap makanan di letakkan di atas meja dengan bungkusnya atau dengan wadah yang bisa langsung di taburkan ke makanan. Padahal penyedap makanan (Vexsin) ini hanya boleh digunakan sedikit. Akan tetapi sekarang semakin banyak penyedap maka akan semakin laris dagangan meraka. Kebanyakan mengkonsumsi penyedap makanan dapat meyebabkan penyakit Amandel. Betapa banyaknya Bahaya Makanan yang sering kita makan.

C.  Formalin
Formalin adalah bahan untuk mengawetkan mayat. Tapi akhir-akhir ini digunakan pedagang untuk mengawetkan dagangan mereka. Seperti pada jajanan bakso atau lainnya. Jadi jika dagangan mereka sedang sepi, makanan tersebut masih bisa di jual besok harinya karena pengaruh dari formalin tadi.

D.  Minyak Goreng Bekas
Minyak goreng sebenarnya hanya boleh digunakan sekali saja. Ketika sudah dipakai minyak goreng tidak digunakan lagi, sebab akan menyebabkan Bahaya Makanan. Seperti di restoran2 besar, mereka hanya menggunakan minyak goreng satu kali. Setelah itu mereka buang, tapi akhir2 ini ada yang menjual minyak goreng dari restoran yang sudah dipakai ke pedagang2 kecil. Jika kita lihat memang kondisi nya masih bagus. Mungkin kita juga sering menggunakan minyak goreng dirumah beberapa kali untuk menggoreng makanan. Tapi tahukah anda hal ini sangat membahayakan tubuh kita nantinya.

       4.      Pelastik Dalam Minyak Goreng
Hal ini juga tidak kalah bahayanya dengan yang diatas. Banyak pedagang yang menggunakan pelastik untuk menggoreng kue seperti tahu isi, bakwan dan tempe. Katanya rasa gorengan tersebut akan lebih gurih dibanding menggoreng biasa tanpa plastik. Hal ini juga perlu anda perhatikan.

Itulah tadi macam-macam Bayaha Makanan yang umum nya terkandung pada jajanan yang murah. Yang biasanya ada di pinggir jalan. Kita ambil logika saja, namanya juga pinggir jalan. Keburukan yang mudah yang bisa kita lihat adalah debu di pinggir jalan. Sudah tentu makanan yanga ada di pinggir jalan mengandung debu akibat kendaraan bermotor yang lalu lalang. Memang dampaknya tak akan terlihat sekarang. Tapi nanti, siapa yang tau ? marilah kita mulai menyayangi tubuh kita sendiri. Sekian dulu artikel kesehatan yang berjudul “Bahaya Makanan Jajan Sembarangan” , Semoga bermanfaat !
( Follow @MHN_BLOG )
       

{ 3 comments... read them below or add one }

Fanibintangstars said...

Bahaya banget tuh sob pakai Formalin dan Zat-zat lain semoga aja Pedagang yang dijalan sana setelah membaca artikel ini Tobat sob hehe :))

Muhammad Husin Nafarin said...

ya sob, semoga saja mereka sadar ..

Fanibintangstars said...

Sob Minta Nopemu Besok ikut Ngga Ngeband