Menginstal Window 7 dan Window 8 Dalam 1 Notebook

Posted byAdmin on Sunday, March 3, 2013



Menginstal Window 7 dan Window 8 Dalam 1 Notebook
           Muhammad Nafarin - MENGINSTAL WINDOW 7 DAN WINDOW 8 DALAM 1 NOTEBOOK | Gimana setelah kalian membaca judul postingan saya kali ini. Penasaran gak dengan cara Menginstal Window 7 Dan Window 8 Dalam 1 Notebook. Yup , baru saja kemarin pas malam sabtu aku rela bangun jam 2 malam untuk mendownload Window 8. Yang katanya sangat WOW gitu deh. Selain itu, jujur saja aku akui memang iri sih dengan salah satu teman ku yang memakai window 8. Waktu itu aku pernah mencoba minta CD nya kepada teman ku itu, tapi gak dikasih. Dia beralasan CD Win8 itu punya temannya dia lagi. Yah apa boleh buat, nanti saja aku download sendiri dalam benakku.
            Ternyata memang benar tulus aku download tuh yang namanya window 8. Mulai jam 2 malam sampai jam 5 subuh ( Kira-kira). Downloadnya sukses dengan file sekitar 2,4 GB dan menggunakan apliasi torrent. Setelah selesai download karena filenya dalam bentuk ISO. Langsung saja aku extract dengan POWER ISO. Dan hasilnya gimana ? gagal ternyata! L sedikit kecewa. Dan langsung saja aku cari di internet kenapa bisa begitu. Dan saya mendapatkan jawabannya. Yaitu dengan bantuan aplikasi kecil yang bernama RUFUS ukurannya sekitar 400 kb saja. Tapi sangat berguna, dimana sofware yang satu ini bisa membantu mengextract file iso kebentuk file yang siap untuk dipakai menginstal OS dengan FlashDisk. Dan karena saya menginstal menggunakan FlashDisk jadi aplikasi ini sangat membantu sekali. Aplikasi ini bisa  langsung diatur untuk memformat FlashDisk dan Mengextract file OS yang berupa file ISO tadi kedalam FD yang sudah di tentukan.
            Setelah itu proses instal berlanjut seperti biasa, dan akhirnya saya sukses meginstal Window 8 dengan biaya sekitar Rp 30.000,- kurang. Lebih murah daripada ke tempat service, selain itu kita mempunyai keuntungan karena kita sudah mempunyai file mentah OS. Jadi kapan saja bisa instal ulang dan tidak memerlukan biaya lagi. Mantap gak? Terakhir saya dengar biaya instal di tempat service Rp 50.000,- . sangat kurang pas dikantong saya :D
            Setelah saya coba fitur-fitur dari window 8 saya semakin menyukainya. Dan setelah itu saya langsung menginstal beberapa aplikasi. Termasuk aplikasi MYOB, yaitu aplikasi akuntansi. Aplikasi ini sangat berguna untuk saya, karena aplikasi ini dipelajari di sekolah saya dan menjadi pelajaran Produktif. Setelah saya instal, ternyata aplikasi ini tidak suport di window 8 dan tidak bisa berjalan dengan baik. Saya sempat kecewa, akan tetapi lagi-lagi saya terus berpikir. Saya sudah terlanjur jatuh cinta dengan window 8. Saya pikir tidak mungkin kan saya mengUNINSTALnya dan kembali ke window 7. Setelah beberapa jam bertapa wkwkwk, saya menemukan ide untuk menginstal MYOB di window 7 saja. Dan aplikasi lain di Window 8. Langsung saja tujuan pertama saya adalah ke mbah Google untuk mencari informasi tentang cara menginstal 2 OS sekaligus dalam 1 PC.
            Dan akhirmya ketemu caranya ! jadi gini, biasanya kan Hardisk di PC ada 2 partisi. Ada untuk system dan ada untuk file penting kita. Pertama-tama kita bagi dulu hardisk menjadi 3 partisi. Jadi partisi 1 untuk window 8, partisi 2 untuk window 7, dan partisi 3 untuk file kita. Hati-hati ya saat melakukan pembagian partisi, jangan sampai salah format, nanti bisa gaswatt!
            Kan tadi kita sudah instal window 8. Sekarang instal lagi window 7 dengan cara biasa. Akan tetapi waktu penginstalan pilih hardisk partisi kedua untuk tempat instal window 7. Jangan di gabung ke partisi 1 ya. Lalu selesaikan proses instalasi. Jika sudah, nanti ketika booting anda akan diberikan pilihan mau pakai window 8 atau window 7. Tingal pilih deh !
            Gimana mantapkan ! semoga bermanfaat ya sobat, dan bisa dimengerti kata-kata saya. Kalau tidak mengerti silahkan berkomentar. Semoga Enjoy dengan 2 OS nya ! (blog.mhn@gmail.com)
           

{ 0 comments... read them below or add one }