Fenomena Jasa Menukar Uang Saat Lebaran

Posted byAdmin on Saturday, August 18, 2012


Assalamualaiqum Wr. Wb.
                Gimana kabarnya nih sahabat Asborneo semua, pasti baik kan. Semangat lagi, karna apa? Karan besok sudah lebaran , horeee.. kemenangan sudah di depan mata kita. Tapi ingat kemenangan ini hanya buat orang yang puasanya tunai, yaitu orang yang menang melawan hawa nafsu mereka dalam berpuasa apalagi kalo puasanya 100%. Tapi kalau untuk perempuan saya maklum saja, kalau puasanya gak 100% karna ada sesuatu kata syahrini, hhaha.
Tapi perempuan juga boleh lah merayakan kemenangan mereka atas berpuasa walaupun gak 100%, tapi ingat harus dibayar setelah lebaran nanti ya, jangan sampai males bayarnya. Trus buat yang laki-laki kalo jarang puasa apa dong alasanyya? Buat yang satu ini saya gak tau deh, menang atau gak kalo lebaran besok.
Mungkin udah cukup kali ya pembukanya di atas ,okey kita lanjut. Biasanya kalau lebaran kan orang banyak bayar jakat ya. Zakat fitrah berupa beras, maupun zakat mall berupa emas atau duit. Nah disini kita akan membahas masalah zakat duit tersebut. Tapi bukan pengertian zakat ya, melainkan kebiasa’an sebagian orang dalam memanfa’atkan zakat ini dengan bisnis. Yaitu bisnis jasa penukaran uang pada sa’at mendekati hari raya Idul Fitri. Seperti di Banjarmasin, tepatnya di sepanjang jalan Lambung Mangkurat atau di dekat mesjid raya Sabillal Muhtadin. Banyak bertengger  orang-orang membuka lapak jasa penukaran duit tersebut. Mereka rela berpanas-panasan sambil menjajakan duit mereka. Kalau-kalau ada orang yang ingin menukar uang untuk di zakatkan.
Kenapa orang menukarkan uang untuk di zakatkan? Biasanya kan orang member zakat di rumah-rumah kepada keluarga mereka, paling sering dengan anak-anak kecil. Bisa Rp 1000,- ;Rp 5000,- dan sebagainya. Gak mungkin kan kalau duitnya sudah lecek. Pasti ingin yang baru. Nah disinilah peran jasa mereka di perlukan. Mereka yang ingin berzakat dengan duit baru bisa menukarkan langsung kepada mereka.
Kenapa gak langsung menukarkan ke Bank ? mungkin ada yang bertanya begitu.. memang bisa langsung menukarkan ke bank. Tapi sebagian orang males antri karna banyak sekali orang yang ingin menukarkan uang mereka di bank. Jadi dipikir-pikir lebih baik yang instan saja transaksinya llebih cepat. Apalagi besok sudah lebaran. Lagipula selisih tukarnya juga gak banyak amat.
Nah mungkin segitu dulu yang bisa saya informasikan kepada sahabat Asborneo, khususnya yang lagi di Banjarmasin. Yang memerlukan jasa penukaran uang. Ayo cepat ke JL.Lambung Mangkurat dekat Bank BI atau di dekat mesjid Sabillal Muhtadin Bundaran KB. Masih bisa jika mau menukarkan uang sekarang. Mohon maaf atas segala kesalahan, terimakasih atas segala perhatian. Dan saya selaku admin blog Asli South Borneo mengucapkan Minal aidzin Walfa Idzin Mohon maaf lahir dan batin.
Wassalamualaiqum Wr.Wb.

{ 0 comments... read them below or add one }