Tips Sparing Untuk Pesilat Pemula

Posted byAdmin on Wednesday, October 3, 2012


Hmzzz, capek juga habis sparing di tempat latihan tadi. Padahal aku baru aja masuk latihan setelah 3 minggu gak latihan. Ternyata pas ikut latihan langsung di suruh sparing di depan teman-teman seperguruan. Ditambah lagi aku sparing sama lawan yang cukup mahir dibanding aku. Awalnya sih ragu-ragu juga masang body protector (Pelindung Tubuh) tapi karna banyak yang dukung aku beranikan saja maju ketengah lingkaran.
      Dengan hati-hati aku langsung memulai pertandingan setelah temanku yang berperan sebagai wasit mengucapkan pasang dan mulai. Berselang beberapa saat pertandingan pun berakhir dengan hasil yang tidak terlalu mengecewakan. Aku tidak mendapatkan sedikit pun cidera. Paling-paling Cuma sakit bekas jatuhan. Ya allhamdulillah menurutku permainanku cukup memuaskan.
      Nah waktu di perjalanan pulang sehabis latihan tadi aku kepikiran mengpa tidak menulis di blog saja tentang tips sparing untuk pemula.
1.      Saat kita bertanding jangan sampai kita emosi berlebihan, dan saya akui hal ini memang sulit dilakukan. Coba saja kalo kita kena tendang sekali saja pasti kebanyakan orang langsung emosi dan berniat ingin membalas (*linggis mana linggis).Nah makanya saya katakan jadi pesilat itu memang susah dan harus sabar.
2.      Percaya diri pun ternyata sangat mendukung kita saat di pertandingan apalagi ada banyak pendukung kita di sana. Pasti kita akan semakin percaya diri, tapi ada juga sebagian orang yang didukung malah tidak percaya diri. Menurut saya kalau kita di dukung banyak orang itu sangat bermanfaat karna lawan kita akan semakin down mentalnya (Gugup) dan kemungkikan kita akan lebih leluasa menyerang.
3.      Pancing lawan supaya melakukan tendangan ke arah kita, ingat kita hanya memancing. Boleh sekali tendang setelah itu langsung tarik cepat. Setelah itu pancing dia dengan sentakan dan suara mendesis. Ketika dia sudah terpancing dan melakukan tendangan langsung jatuhkan dia dengan cepat.
4.      Perhatikan gerakan lawan, dan saat dia menendang lakukan sapuan depan atau sapuan belakang dengan cepat dan tepat. Di tekhnik ini saya jarang melakukannya karna untuk pemula seperti saya sangat belum mahir menggunakannya.
5.      Dan yang terakhir berdoa kepada tuhan kita masing-masing, karna ini sangat penting.


      Nah itulah tips sparing untuk pemula dari saya, tunggu artikel menarik saya yang lainnya. Tanpa bermaksud menggurui saya ucapkan terimakasih.

{ 1 comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Your method of telling everything in this piece of writing is actually
fastidious, every one be capable of effortlessly be aware of it, Thanks
a lot.

Here is my site - online roulette