Tips Cari Uang Untuk Pelajar

Posted byNafarin Muhammad on Wednesday, October 3, 2012


Sepertinya sudah lama banget saya tidak nulis di Blog saya ini, bukannya males atau apa. Tapi memang kesibukan sebagai pelajar SMK memang saya akui. Setiap hari ada saja kesibukannya, apa lagi udah kuliah nanti ya pasti sibuknya minta ampun? . Saat ini saja masih banyak tugas yang belum saya selesaikan apalagi hari senin ada ulangan. Huh semoga saja sukses ulangan saya nanti.
      Nah langsung saja pada postingan saya kali ini saya ingin berbagi Tips untuk para pelajar yang ingin mencari uang tambahan untuk dirinya. Memang sebagian pelajar sudah mempunyai uang hasil pemberian kedua ortu mereka. Tapi pasti ada yang merasa kurang dan ingin mencari uang tambahan atau juga yang memang ekonomi keluarganya memang pas-pasan jadi ingin mencari uang untuk keluarganya. Hitung-hitung bantu ortu cari duit lah. Setidaknya buat jajan kita sendiri, nah disini saya akan memberikan tips untuk cari uang yang pas untuk pelajar. Pengen tau gimana tipsnya ? simak poin-poin berikut ini :
1.      Jualan pulsa di sekolahan dan dirumah.
Nah yang satu ini saya anjurkan, karna saya sendiri sedang melakukan bisnis ini. Menurut saya ini adalah bisnis andalan saya yang memiliki keunggulan sbg berikut :
·   Modal sedikit. Ya minimal kita punya uang Rp 50.000,- lah buat jadi agen pulsa
·   Yang kedua adalah Pendaftaran jadi agen biasanya GRATIS.
·   Lalu barang yang kita jual gak akan pernah basi.
·   Bisa sistem transfer untuk deposit saldo ( beli saldo pulsa nya)
·   Setiap hari orang memerlukan pulsa.
·   Setiap orang disekitar kita pasti mempunyai HP yang haus akan pulsa.
·   Dan masih banyak lagi.

            Akan tetapi dari sekian banyak keunggulan yang saya tulis diatas ada satu kelemahan di bisnis ini, yaitu keuntungan nya sangat sedikit. Paling tinggi kita hanya bisa mengambil keuntungan seribu rupiah dari setiap jual pulsa. Belum lagi jika ada gangguan dan pulsa orang belum masuk. Gimana gitu rasanya, apalagi tuh orang nanyain terus “mana nih pulsanya blum masuk juga?” langsung aja jawab dengan seribu satu alasan.
2.      Jualan Makanan Ringan
            Nah yang satu ini kira-kira memang banyak keuntungan laba nya tapi, resikonya adalah jika produk kita tidak laku dan basi. Maka siap2 saja rugi.
3.      Beternak di Sekitar Rumah
            Ya menjadi peternak merupakan sebuah pilihan yang bisa menghasilkan cukup lumayan uang. Akan tetapi jika giat melakukannya dan kita menjadi lihai dalam hal tersebut. Bisa jadi beternak menjadi pekerjaan setelah sekolah. Jika tidak mampu untuk kuliah bisa diterapkan yang satu ini. Beternak kelihatannya cukup mudah, tapi seperti biasa. Apa yang kita lihat pasti tak semudah yang kita lakukan atau praktekkan. Mengenai cara beternak coba cari saja di internet. Sangat banyak situs-situs yang menyediakan informasi seputar beternak.
4.      Menjual Pernak-Pernik di Sekolah
      Berjualan di sekolah bagi sebagian orang memang memerlukan mental yang kuat. Karna coba’an nya cukup banyak seperti di’ejek oleh teman-teman sekelas. Apa lagi ada si do’i yang melihat tingkah kita berjualan seperti pedagang pasar malam. Menjajakan dagangan kita, kesana kemari di sekolahan sampai-sampai gelar tikar di depan kelas atau di tengah lapangan ( WeeW) gak segitunya juga kali.
      Ya berjualan sewajarnya saja, dari kelas ke kelas sebelah. Minta sahabat atau teman dekat kalian memberi tahu ke teman yang lain bahwa anda sedang berjualan. Dalam hal ini kekerabatan/pertemanan yang luas sangat berperan. Karna semakin banyak kita punya teman di sekolah maka akan semakin banyak juga pelanggan yang akan tahu produk yang kita jual. Okey.
5.      Membantu Usaha Orang Tua
      Banyak sebagian dari kita yang meremehkan usaha orang tua kita. seperti tidak mau membantu ketika di suruh orang tua. Padahal orang tua sangat membutuhkan bantuan kita. seperti pengalaman saya yang satu ini. Saya punya keluarga ya bisa di sebut dia itu keponakan saya lah. Dia punya orang tua yang bekerja sebagai wirausahaan sablon di rumah. Ketika ayahnya meminta tolong kepadanya dia selalu tidak mau. Yang dia pikirkan hanya jalan-jalan, pacaran, dan sebagainya lah. Biasa anak muda, sampai ketika dia lulus sekolah SMK dia bermaksud melanjutkan untuk kuliah di suatu universitas di Banjarmasin. Tetapi ayahnya tidak mempunyai cukup uang atau apa, sehingga ayahnya menyuruh dia kuliah sambil kerja. Di samping itu juga usaha ayahnya sekarang mengalami banyak kemunduran.
      Nah dari cerita di atas apa yang bisa kalian ambil ?
Ayoo ? coba kalian pikirkan jika anak tersebut mau membantu orang tuanya, mungkin dia bisa membantu usaha tersebut sehingga tidak mengalami kemunduran. Dan dia tidak akan kuliah sambil kerja di tempat lain. Kan enak kerja di tempat orang tua sendiri. Kalo mau libur ya tinggal bilang mau libur. Beda kalo kerja di tempat orang lain.

      Mungkin Cuma itu 5 tips dari saya untuk pelajar yang ingin mendapatkan uang lebih atau kerja sampingan sebelum lululus sekolah. Tapi semua tergantung pada kita, biarpun kita melaksanakan nya tapi kalau sambil malas-malasan ya percuma gak akan dapat uang, yang ada kita malah rugi, nah tanpa bermaksud untuk menggurui saya ucapkan terimakasih. Tunggu postingan saya yang lebih menarik lagi salam blogger banjar. 

{ 0 comments... read them below or add one }