Pramuka Yang Mulai Terlupakan

Posted byAdmin on Saturday, November 17, 2012


Bagi orang yang pernah sekolah mungkin sudah tau apa itu yang namanya PRAMUKA? PRAMUKA adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka adalah kegiatan yang sering dilaksanakan disekolah ketika sore hari. Bahkan setiap hari sabtu pun kita para pelajar di indonesia menggunakan pakaian/seragam pramuka. Mungkin pemerintah bertujuan untuk mengabadikan pramuka dengan cara tersebut. Agar kita selalu ingat dengan pramuka. Tapi tahukah kalian sekarang pramuka sudah mulai terlupakan. Banyak sekolah-sekolah di indonesia yang sudah tidak aktif dalam kegiatan pramuka.

            Mengapa demikian ?
mungkin karna perkembangan zaman sekarang. Apalagi kalian yang sering nongkrong di blog. Ke warnet berhari-hari, jalan-jalan dengan teman. Mana mungkin kalian memikirkan pramuka. Atau malah kalian tidak tau sama sekali dengan pramuka dan membenci kegiatan tersebut. PRAMUKA memang melelahkan apa lagi ketika berkemah. Tapi tahukah kalian dalam pramuka rasa kebersamaan dangat kental sekali. Semua itu saya rasakan ketika saya mengikuti perkemahan yang di adakan di sekolah saya yaitu SMKN 1 Batumandi yang terletak di Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Di perkemahan tersebut ketika ingin makan, maka kita akan memasak bersama-sama. Dan kelompok putera dengan puteri ya jelas dipisah dan artinya kami para putera Balangan harus memsak sendiri.
            Dengan kemampuan yang kami miliki kami memsak bersama-sama pada saat itu. Apapun hasil masakannya, maka akan kami makan bersama-sama juga, meskipun nasinya gosong / mentah. Dan lebih asik lagi , makannya sepiiring berdua. Hal ini kami lakukan untuk menghemat pengeluaran seperti Dharma Pramuka yang berbunyi “Hemat Cermat Dan Bersahaja” ( bilang saja pelit ) hhaha
            Nah disanalah saya menemukan kehidupan pramuka. Yang saat ini ulai terlupakan di beberapa sekolah di indonesia. Dan ini beberapa foto yang saya ambil ketika saya melaksanakan kegiatam pramuka di SMKN 1 Batumandi :
Sangga (Jendral Sudirman) saya sedang melakukan kegiatan pembuatan Tandu untuk PPGD.

Membuat tandu adalah anak kelas XI dan Di kejauhan sana ada anak kelas X sedang berlatih PBB. Sedangkan anak kelas XII tidak ikut melaksanakan kegiatan karna sedang sibuk mempersiapkan UN.
Pembina sedang memberi penjelasan tentang masalah PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat)

            Dari sekian foto tersebut mungkin kalian bertanya, yang mana foto saya ? saya tidak sempat mengambil foto saya , lain kali akan saya usahakan untuk berfoto juga agar menjadi arsip blog Klik Banjar. Dan dari foto-foto tersebut bahwa kegiatan Pramuka di SMKN 1 Batumanditidak mati dan semoga akan hidup sepanjang masa. Dan semoga saja foto-foto tersebut dapat membangkitkan semangat kalian sobat untuk mengikuti Pramuka di sekolah masing-masing. Mungkin sampai disini postingan saya kali ini ,Terimakasih.
“Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan”

{ 0 comments... read them below or add one }