Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Posted byAdmin on Thursday, February 7, 2013

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan TubuhAda banyak Bahaya Merokok yang bisa terjadi terhadap orang yang merokok secara terus menerus setiap hari. Sebenarnya para perokok sudah tau sedikit banyaknya Bahaya Merokok yang akan terjadi pada diri mereka, jika mereka merokok secara terus menerus. Akan tetapi hal ( Bahaya Merokok Tadi ) ini sering dibutakan oleh nafsu mereka. Sehingga mereka pura-pura buta akan bahaya tersebut. Saya tidak menyalahkan anda, jika anda tidak bisa berhenti merokok. Saya tau berhenti merokok adalah hal yang sulit. Karena jika seseorang telah mulai merokok, maka dirinya akan sangat susah untuk berhenti merokok.
Disini saya akan membahas tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh secara umum dan ringan. Bahaya Merokok sangat banyak, yang pertama adalah bayaha merokok dari hasil penelitian dari beberapa ilmuan terkenal.
1. Penelitian Oleh King's College London
Penelitian yang dilakukan oleh King's College yang berasal dari London menyebutkan bahwa merokok bisa membusukkan otak dengan merusak memori, kemampuan belajar dan daya nalar. Subjek penelitian dilakukan terhadap 8.800 orang dengan rentan usia berkisar 50 tahun keatas yang mengalami tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan.
2. Penelitian American Journal of Public Health
Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Public Health tentang Bahaya Merokok menyatakan bahwa ada 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dari korban tersebut 900 diantaranya dalah bayi. ada kemungkinan 600.000 orang lainya berpotensi meninggal. Kerugian materi pun meningkat sekitar 6,6 miliar USD akibat berkurangnya produktifitas SDM yang merokok.
Terlihat jelas menurut penelitian tersebut banyak orang meninggal, padahal orang tersebut tidak merokok ( Perokok Pasif ) . Seharusnya hal seperti ini sangat di perhatikan oleh pemerintah. Karena dikatakan disana, negara akan menderita kerugian karena SDM ( Sumber Daya Manusia) banyak yang meninggal. Dan ironisnya, yang meninggal tersebut bukan hanya perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Masa hanya gara-gara ada orang yang merokok di tempat umum, dan ada orang yang menghirup asapnya ( Padahal orang tersebut bukan perokok). Tapi dia akan menderita Bahaya Merokok yang bermacam-macam yang akan menyerangnya.
Saya sangat mendukung upaya pemerintah, yang menyediakan tempat ruangan khusus merokok. Jadi perokok pasif tidak akan pernah ada lagi. Yang ada , yang meninggal adalah orang perokok semua. Hhaha, maaf bukan saya bermaksud mendoakan orang yang merokok meninggal. keluarga saya juga banyak yang merokok. Tapi alhamdulillah saya sampai usia 16 tahun ini tidak berminat dengan rokok.
Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah dua penelitian yang membahas tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh. Sekarang kita beralih ke macam-macam zat berbahaya yang terkandung dalam rokok. Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan bahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida
Sekarang kita bahas lagi Bahaya Merokok Yang Bisa Mengakibatkan Beberapa Gangguan/ Penyakit Bagi Kesehatan Tubuh Kita.
1. Reproduksi dan Fertilitas
Sangat jelas sekali dibagian bungkus rokok tertera bahwa rokok dapat menyebabkan impoten. Sampai-sampai anak yang baru bisa membaca saja tahu hal tersebut. Pasti tahu dong !saya yakin sekali akan hal itu, karena anak-anak sering disuruh oleh orang tuanya untuk membelikan rokok (pengalaman pribadi). Dampak terhadap  reproduksi dan kesuburan sangat fatal. Merokok membuat seseorang beresiko lebih besar mangalami kerusakan sperma, mengurangi jumlah sperma dan menyebabkan kanker testis.
2. Paru-Paru
Para perokok beresiko terserang Paru-Paru Obstruktif Kronik (PPOK), yaitu penyakit progresif yang berdampak membuat seseorang sulit bernapas. Banyak perokok tidak menyadari ketika terserang penyakit ini dan ketika mereka sadar semua sudah terlambat. Tidak ada obat untuk bahaya merokok yang satu ini dan tidak ada cara untuk memperbaiki  kerusakan yang diakibatkanya. Berpikirlah sebelum terlambat.
3. Kanker
Perokok aktif maupun pasif berpotensi menimbulkan kanker seperti kanker paru, nasofaring, lidah sampai lambung. Kanker lambung bisa terjadi disebabkan asap rokok itu sebagian tertelan dan merusak sel-sel selaput lendir di lambung dan mengubahnya menjadi sel kanker.
4. Jantung
Perokok juga akan rentan terkena penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan oleh karbon monoksida dari rokok mengambil oksigen pada darah dan berdampak pada pengembangan kolesterol yang mengendap di dinding arteri. Anda tidak ingin bukan terkena serangan jantung bahkan sampai stroke pada saat anda sudah tua nanti? Masa tua, sebaiknya anda gunakan untuk menikmati harta yang sudah anda peroleh selagi muda bersama keluarga besar anda. Bersama cucu anda, anak kesayangan anda yang mulai bekerja sendiri melanjutkan bisnis anda? Bertindaklah dan ambil keputusan anda dengan memikirkan bahaya merokok!
5. Mulut dan Gigi
Zat zat berbahaya pada rokok juga dapat menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda. Dalam kondisi yang semakin lama pada area ini akan peningkatan risiko mengembangkan kanker pada lidah, tenggorokan, dan bibir.
6. Kulit
Rokok dapat mengakibatkan kurangnya suplay jumlah oksigen ke kulit sehingga dapat mempercepat penuaan dan lama kelamaan kulit akan tampak abu-abu.
7. Tulang
Bahaya rokok pun berpengaruh pada tulang tubuh, tulang akan cepat lemah dan rapuh. Hal ini lebih berbahaya pada kaum hawa, 5-10% wanita peroko lebih memiliki resiko lebih besar mengalami osteoporosis dibandingkan wanita non-perokok.
Mulai sekarang buka mata anda ! pikirkan baik-baik. Anda telah membaca artikel saya Tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh. Itu artinya anda sudah tau bahaya merokok bagi tubuh anda sendiri. Jangan sampai anda tergoda oleh nafsu anda sendiri. Mungkin sampai disini dulu artikel dari saya, sudah banyak yang kita bahas tadi. Mulai dari Bahaya Merokok yang saya peroleh dari hasil penelitian dari beberapa ahlinya. Ada juga bahaya merokok dari beberapa zat yang terkandung dalam bungkus rokok. Dan terakhir macam-macam bahaya merokok dari berbagai penyakit yang mungkin akan membahayakan anda di masa yang akan datang.

{ 6 comments... read them below or add one }

Unknown said...

nah itu, jangan barokok laah... hehehe

Admin said...

sipp gan, insya allah kda beroko sampai kena..

Cream said...

ha2... tuh dah ada bahayanya.
masih mau nyoba2 ? he2

Admin said...

iya gan,
makasih udah nyimak artiikel dan saya..
Dan komentarnya membuat sya semakin semangat untuk ngeblog !

Majalah Siantar said...

anak muda jaman sekarang sudah merokok, hancur lah bangsa ini..

Admin said...

itu dia gan..

Tapi kita tidak bisa melihat dari pihak anak muda saja..
Kita harus menengok sang pembuat rokok dan juga yang memberi izin beredar..
Pasti ada pihak2 yg bertanggung jawab dengan hal ini..