Mengetahui Penyebab Penyakit Asma

Posted byAdmin on Tuesday, February 12, 2013

Mengetahui Penyebab Penyakit AsmaJika anda sedang mencari Penyebab Penyakit Asma ! maka anda sudah menemukan tempat yang tepat disini. Saya sekarang akan membahas tentang Penyebab Penyakit Asma. Asma adalah penyakit yang menyerang jalan pernafasan sehingga penderita penyakit asma mengalami kesulitan dalam bernafas. Pasti anda sering melihat orang yang menderita asma di film2 , atau juga di sekitar kerabat terdekat anda yang sedang mengidap penyakit asma.
Penyakit asma menurut saya sangat berbahaya sekali. Pernah dulu saya melihat film, yang menceritakan sepasang suami istri. Dan istri nya itu meninggal karena ketinggalan semacam oksigen hirup untuk meredakan penyakit asma nya. Dia meninggal waktu di toilet, dan kehabisan nafas karena oksigen yang sering dibawanya ketinggalan. Mungkin anda pernah melihat film nya ? benar saja itu hanyalah sebuah film. Tapi itu sangat membahayakan bukan ? bisa saja film tersebut terjadi di kehidupan nyata. Itu menandakan penyakit asma ini sangat berbahaya. Terlambat sedikit saja memberi oksigen hirup ke penderita asma yang sedang kambuh, maka akan beresiko kematian.
Nah oleh karena itu, saya disini mengajak anda semua untuk Mengetahui Penyebab Penyakit Asma. Kenapa kita harus mengetahui penyebab penyakit asama ? karena jika kita mengetahui. Akan ada kemungkinan kita tidak terserang penyakit tersebut ( Insya Allah). Karena kita bisa menghidari segala hal yang memicu/ menimbulkan penyakit asma. Marilah kita bahas Penyebab Penyakit Asma paling umum satu persatu dibawah ini.
1. Alergi
Asma yang disebabkan alergi biasanya diderita oleh orang yang mengidap penyakit asma sejak kecil. Di Amerika, penderita alergi makin meningkat. Hal itu disebabkan karena meningkatnya kebersihan lingkungan mereka, sehingga anak-anak jarang bermain kotor. Bingung kenapa bisa begitu ? mungkin itulah penyebabnya di iklan sabun di tv yang menyatakan berani kotor itu baik ! dan ternyata bermain kotor dapat meningkatkan system kekebalan tubuh anak.
Alergi yang memicu asma antara lain disebabkan oleh 4 faktor:
a) Bulu hewan
b) Kutu busuk
c)  Sepura
d) Serbuk sari tumbuhan
2. Infeksi virus.
Asma diperburuk dengan infeksi virus, seperti pilek dan flu yang menyebabkan pembengkakan pada jalan pernafasan. Berhati-hatilah dengan penyakit pilek dan flu, apalagi sekarang lagi musim tuh penyakit. Tips dari saya , jangan biasakan berhujan-hujanan. Bila sudah terlanjur basah kena air hujan. Usahakan bilas dengan air hangat kepala anda ketika tiba dirumah. Itulah saran dari orang tua saya mulai dari dulu. Terbukti jarang kena flu atau filek dan sakit kepala.
3. Olah raga.
Beberapa penderita asma mengalami penyempitan dan iritasi pada jalan pernafasan mereka, sehingga ketika mereka berolah raga, mereka harus berusaha ekstra keras untuk bisa bernafas.
4. Stres dan emosi.
Tidak hanya perasaan khawatir atau kecemasan yang berlebihan yang dapat memicu asma. Beberapa penderita mengalami serangan asma ketika mereka tertawa atau sedang bersemangat.
5. Obat-obatan.
Beberapa obat dapat memicu asma, seperti aspirin. Jangan sembarangan meminum obat. Biasakan hanya meminum obat yang disarankan oleh doktor bila obatnya cukup keras. Tapi apabila sakit berlanjut jangan salahkan dokter :D
6. Asap rokok.
Asap rokok mengandung bahan kimia yang berpotensi menjadi penyebab iritasi pada jalan pernafasan. Sudah saya bilang pada postingan saya sebelumnya tentang Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan Tubuh. Asap rokok sangat banyak bahaya nya, jadi saya sarankan sekali lagi untuk terus waspada terhadap asap yang satu ini. Ini semua demi kesehatan anda.
7. Polusi udara.
Polusi udara termasuk asap kendaraan, asap dari kompor, asap dari hasil rebusan, juga asap dari api dan panggangan. Intinya adalah segala macam polusi yang mengganggu pernafasan kita.
8. Bahan kimia pada alat rumah tangga dan industri.
Termasuk bahan kimia seperti cat rumah, parfum, tinta pada spidol, produk pembersih rumah tangga. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap penyakit asma.
9. Hormon.
Bagi wanita penderita asma, mereka cenderung mengalami tanda-tanda asma kambuh saat menstruasi. Wanita penderita asma juga banyak yang menemukan penyakit asma mereka lebih baik atau lebih parah saat hamil.
10. Kondisi cuaca.
Banyak penderita asma yang kumat saat berada di udara dingin.
Dengan mengetahui penyebab penyakit asma atau pemicu penyakit asma ini, penderita dapat menghindarinya agar tidak sering kambuh.
Itulah tadi sepuluh Penyebab Penyakit Asma paling umum yang bisa anda hindari agar tidak mengidap penyakit asma. Semoga saja tidak ya ! semoga saja kita selalu dalam keadaan sehat dilindungi oleh Tuhan. Sekali lagi saya sarankan kepada penderita penyakit asma, agar jangan sampai ketinggalan obat anda. Jangan sampai nasib anda seperti film yang pernah saya tonton tadi ya :D

{ 2 comments... read them below or add one }

Fanibintangstars said...

Wah sering-sering aja friends shere tentang ini dan kebetulan teman saya hanip namanya sering kena penyakit wakwaw hehe

Admin said...

sipp gan, akhir2 ini aku update artikel kesehatan aja nah..
Kasian hanif nya di sambat kya itu wkwkwk