Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik Balangan

Posted byAdmin on Friday, February 22, 2013

Seorang anak pelajar sedang berusaha tetap belajar walaupun listrik padam-Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik BalanganMuhammad Nafarin - Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik Balangan | Akhir-akhir ini Balangan memang sering terjadi pemadaman listrik. Sampai-sampai saya sebagai seorang pelajar Balangan turut kecewa dan membuat Gerakan Stop Pemadaman Listrik Balangan. Sempat terdengar kabar bahwa penyebab padamnya listrik adalah karena adanya perbaikan besar-besaran. Dan juga rusaknya alat PLN yang ada di Kota Baru Kalimantan Selatan. Tapi entahlah saya mendengar kabar itu dari seorang teman sekelas saya. Dan itu hanyalah kabar burung yang tidak jelas.

Akhir-akhir ini saya mengetahui Penyebab Seringnya Pemadaman Listrik Balangan melalui sebuah situs berita. Disana dikatakan bahwa masyarakat lebih menyanyangi pohon mereka yang ada disepanjang jalan yang posisinya dekat dengan tiang listrik PLN. Manajer PLN di Paringin Ibramsyah, SE menjelaskan di kantornya sudah ada mesin otomatis yang akan memutuskan aliran listrik ketika ada hubungan pendek bukan hanya disebabkan hujan deras atau angin ribut, bahkan dengan adanya sehelai daunpun bisa memutuskan aliran listrik tersebut. “Peralatan ini otomatis standar PLN, sedikit saja kena sentuhan pohon maka listrik akan mati dengan sendirinya. Kalau tidak mati justru akan berbahaya,” ujarnya.
Nah sekarang sudah jelas bukan penyebab seringnya pemadaman listrik yang terjadi dibalangan disebabkan oleh apa. Tapi mengapa PLN tidak mengambil tindakan terhadap pohon tersebut ?? PLN sudah berusaha menangani masalah tersebut dengan menugaskan petugas yang datang sebulan empat kali kesetiap jalan yang terdapat pohon didekat tiang listrik . “Kadang-kadang ini yang menjadi kendala yaitu orang yang terlanjur jatuh cinta dengan pohon, sehingga tatkala mau dibersihkan atau ditebang petugas, meminta ganti rugi dengan harga tinggi. Padahal itu adalah kepentingan mereka,” katanya. ( Dikutip dari Metro Tanjung )

Jadi pantas saja listrik di balangan selalu mati jika ada hujan atau angin ribut. Karena dengan daun saja yang menyentuh alat PLN maka listrik akan otomatis mati. Mungkin hal ini akan terus terjadi sebelum semua pohon yang ada didekat alat PLN tersebut di tebang. Tapi masih banyak kendala nya, untuk mewujudkan hal tersebut karena sang pemilik pohon terlanjur jatuh cinta dan juga mayoritas balangan penuh dengan pohon di sepanjang jalan. ( blog.mhn@gmail.com )

Alamat kutipan : www.metrotanjung.com/2010/03/mengapa-listrik-di-balangan-sering.html

{ 0 comments... read them below or add one }